Isu Lingkungan

climate-causes-overviewHI_209060

Isu lingkungan, kita sering mendengar kata-kata tersebut, tp apakah kita mengerti arti dari kata “isu”. Isu itu sering diartikan sebagai desas-desus oleh sebagian orang, namun menjadi berbeda apabila konteksnya berbeda. Apabila konteksnya lingkungan, maka kalian akan mengartikan isu tersebut sebagai masalah. Jadi, menurut konteks lingkungan isu itu adalah masalah lingkungan yang sedang booming atau sedang hangatnya dibahas oleh semua orang bahkan dunia. Permasalahan yang satu ini saya dapatkan dari kuliah pertama saya bersama Bpk. Andik Yulianto, MT dengan mata kuliah Pengantar Teknik Lingkungan.

Kita selalu dikelilingi dengan permasalahan lingkungan. Namun setiap orang tidak menyadari masalah tersebut timbul dari hal yang bahkan menurut kita hal sepele. Pola hidup yang salah dari manusia di seluruh dunia juga menjadi faktor besar yang menyebabkan masalah lingkungan.

Everyday worldwide

Faktanya setiap hari di seluruh dunia :

  • 9.1 miliar m3  air segar dikonsumsi
  • 65 juta ton CO2 dikeluarkan ke atmosfer
  • 26.000 ha hutan hujan dirusak
  • 27.000 ha tanah subur hilang
  • 253.000 ton ikan ditangkap
  • >70 spesies flora dan fauna terancam punah

Bisa kita bayangkan nasib bumi 50 tahun yang akan datang, apa yang akan terjadi jika pola hidup manusia di seluruh dunia tetap seperti itu?

Bagaimana anak cucu kita kelak dapat bertahan hidup?. Apabila air segar yang siap dikonsumsi terbatas jumlahnya, atmosfer kita diselubungi oleh CO2, semua hutan di dunia rusak dan yang dapat ditanami terbatas, ikan – ikan sangat susah ditangkap karena populasinya yang tinggal sedikit, serta banyak flora dan fauna yang punah.

Top Ten Problems Facing Humanity Over the Next 50 Years10 masalah yang akan mengancam manusia 50 tahun yang akan datang menurut Richard E. Smalley, peraih Nobel Laurate 1996 :

  1. Energy
  2. Water
  3. Food
  4. Environment
  5. Poverty
  6. Terrorism & War
  7. Disease
  8. Education
  9. Democracy
  10. Population

Saat ini, masalah yang sangat tampak terjadi adalah air, lingkungan dan penyakit. Hal ini saling berhubungan. Mengapa? karena seluruh umat manusia membutuhkan air untuk beraktifitas, namun saat ini sangat sulit mendapatkan sumber air yang benar – benar sesuai standar atau baku mutu lingkungan. Kita lihat Indonesia saja, beberapa sungai di Indonesia mempunyai baku mutu air yang jauh dari harapan sebagai pemenuh kebutuhan. Tetapi, tetap saja masyarakat menggunakan air sungai tersebut. Hal ini disebabkan sungai merupakan tempat hajat hidup orang banyak. Berbagai aktifitas dilakukan di sungai, seperti mencuci baju bahkan tempat membuang sampah. Tanpa disadari hal tersebut dapat mencemari air dan berdampak kualitas lingkungan yang menurun. Pada satu titik lagi, yaitu menyebabkan penyakit serta menyebarkan penyakit. Setiap masalah lingkungan yang terjadi sebenarnya membentuk seperti rantai makanan yang saling berhubungan. Apabila yang satu rusak maka rusaklah semua komponen yang ada di alam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s