Latihan 2 – Membuat Kursi

Screen Shot 2013-05-26 at 4.51.43 PM

Pada page ini, kita akan menggambar kursi sederhana dan kita masih menggunakan Sketch Up. Sama dengan latihan 1, objek yang akan digambar masih sederhana. Bedanya latihan 1 dan latihan 2 yaitu penggunaan tool Follow dan Arc, disamping itu penggambaran pada latihan 2 ini menggunakan teknik Make Component serta Group.

Selanjutnya langkah pengerjaan akan dijelaskan dibawah ini :

1. Seperti pada latihan 1, setiap memulai lembar kerja baru Sketch Up akan menggunakan setting default, sehingga kita perlu mengulangi langkah setting unit kembali. Window > Model Info > Unit > Decimal > Centimeter.

Screen Shot 2013-05-26 at 4.56.01 PM

2. Buat Rectangular (persegi) pada titik manapun dengan ukuran 30 x 35 cm (input = 30,35).

3. Push/Pull persegi yang telah dibuat dengan tinggi 4 cm.

4. Buat garis bantu dengan Tape Measure sepanjang 5 cm seperti pada gambar. Lalu Push/Pull kebawah untuk mengilangkan objek diluar lengkung.

5. Buat garis bantu dengan Tape Measure sepanjang 5 cm seperti pada gambar, kali ini pada bagian samping. Setelah selesai lalu buat lingkaran pada titik temu garis bantu dengan jari – jari 1 cm (input = 1). Lihat seperti gambar di bawah ini.

6. Push/Pull lingkaran tersebut keatas dengan tinggi 25 cm.

Screen Shot 2013-05-26 at 5.06.34 PM

7. Agar mempermudah pekerjaan tabung yang sudah terbentuk disatukan dengan cara Group. Blok semua bagian tabung, lalu klik kanan dan Make Group.

8. Copy tabung tersebut dengan menggunakan Rotate. Caranya klik Tabung>Pilih Rotate>Posisikan Rotate pada middle atau bagian tengah sebagai garis sumbu perputaran objek. Rotate tidak akan berfungsi sebagai pengcopy jika Anda tidak menekan Ctrl atau (Alt Option ) jika menggunakan Mac. Maka ketika memutar objek terlebih dahulu menekan Ctrl. Lalu arahkan objek tercopy sesuai letak lingkaran kedua.

9. Jika Copy dengan Rotate sudah dilakukan lalu ketik 5/. Maka akan muncul objek antara objek asli yang dicopy dan hasil copy sebanyak lima buah.

Screen Shot 2013-05-26 at 5.29.23 PM

10. Dari garis lengkung bagian atas kita Offset sebesar 5 cm. Lalu sambungkan garis hasil Offset dan garis asli pada tiap ujungnya.

11. Pilih garis/blok (garis lengkung dalam, luar dan sambungan) dengan hanya mengklik sambil menekan Ctrl agar semua objek yang terpilih dapat terblok. Terlihat garis yang terblok berwarna biru. Setelah terblok semua seperti pada gambar, lalu klik kanan dan pilih Make Group.

12. Angkat objek yang sudah kita Group dengan cara Move ke atas/searah garis biru setinggi 25 cm.

13. Lakukan sedikit editting pada group tadi dengan mengklik lalu buat garis pada salah satu garis atau mengulang garis yang sudah ada dengan tujuan agar group tadi menjadi objek bukan garis. Setelah menjadi objek, Push/Pull ke atas 10 cm (input = 10).

Screen Shot 2013-05-26 at 5.40.59 PM14. Sekarang giliran membuat bentukan pada pinggiran kursi. Buat garis miring dari pinggir samping (bagian tengah) ke atas. Gunakan tool Follow lalu hold/tahan bagian yang akan di Follow. Gerakan mouse mengelilingi pinggiran kursi dengan tujuan mengambil referensi arah Follow. Dimulai dari salah satu ujung dan kembali ke ujung tersebut. Catatan : usahakan referensi arah benar agar bentuk yang diinginkan dapat terbentuk.

15. Buat Tape Measure untuk tiap sisi sebesar 4 cm. Buat Rectangular seperti gambar 4 x 4 cm (input = 4,4).

16. Blok Rectangular tersebut dan buat menjadi component. Caranya klik kanan>Make Component>Beri Nama>Created.

17. Copy Component tersebut dengan menggunakan Tool Move. Caranya klik Object>Move>Ctrl>pindahkan objek tercopy ke kiri dan ulangi untuk bagian bawahnya.

18. Setelah selesai edit persegi tersebut. Caranya : karena persegi sudah menjadi component untuk mengeditnya klik kanan, lalu Push/Pull ke bawah 25 cm. Terlihat semua objek yang merupakan Component yang sama akan ter-Push/Pull secara tidak langsung.

19.Buat lekukan dengan menggunakan Line. Lalu Follow mengitari pinggiran balok. Jika ada bagian tersisa maka di Delete. Bentukan akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

Screen Shot 2013-05-26 at 5.58.00 PM

20. Jangan lupa diberi warna dengan material yang sesuai. Caranya Blok keseluruhan dan buat menjadi Component dengan nama Kursi Kayu. Hasil akhirnya akan tampak seperti di bawah ini.

Screen Shot 2013-05-26 at 4.51.43 PM

Tampak Depan

Screen Shot 2013-05-26 at 4.47.53 PM

Tampak Atas

Screen Shot 2013-05-26 at 4.50.46 PM

Tampak Bawah

By : Fitri Umiati (12513015)
Sumber : Modul Praktikum – Google Sketch Up

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s