Indonesia’s Explosive Geology Explained

Indonesia adalah negara yang rawan bahaya. Mengapa ?
Dari ancaman bahaya gempa bumi, gunung meletus hingga tsunami yg pernah melanda Indonesia tahun 2004 silam. Apalagi belakangan ini banyak sekali bencana yang terjadi di Indonesia. Tanah longsor, letusan gunung berapi, gempa hingga tsunami. Semuanya datang silih berganti. Adapun tiga bencana terakhir yang disebutkan itu, semuanya disebabkan oleh pergerakan lempeng-lempeng tektonik.

Salah satu ancaman tersebut terletak di atas sesar dan patahan yang menumbuk beberapa lempeng tektonik lain, dan dikelilingi oleh rangkaian gunung berapi. Letusan gunung berapi di Indonesia masih banyak yang aktif dan memiliki periode letusan masing – masing. Salah satunya adalah gunung berapi Merapi yang memiliki fase letusan setiap 4 – 5 tahun sekali.

rsz_ring-of-fire-101026-ls-02

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dan terdapat 17.500 pulau yang tersebar di Indonesia. Indonesia sendiri terletak di antara wilayah seismik paling aktif di dunia – yang dikenal sebagaiĀ  Cincin Api Pasifik atau “Ring of Fire” yang merupakan wilayah kedua yang paling aktif di dunia setelah sabuk Alpide. Indonesia pernah mengalami letusan gunung berapi dahsyat yaitu Gunung Krakatau. Letusan itu sangat dahsyat; awan panas dan tsunami yang diakibatkannya menewaskan sekitar 36.000 jiwa. Sampai sebelum tanggal 26 Desember 2004, tsunami ini adalah yang terdahsyat di kawasan Samudera Hindia. Suara letusan itu terdengar sampai di Alice Springs, Australia dan Pulau Rodrigues dekat Afrika, 4.653 kilometer. Daya ledaknya diperkirakan mencapai 30.000 kali bom atom yang diledakkan di Hiroshima dan Nagasaki di akhir Perang Dunia II. Letusan Krakatau menyebabkan perubahan iklim global. Dunia sempat gelap selama dua setengah hari akibat debu vulkanis yang menutupi atmosfer. Matahari bersinar redup sampai setahun berikutnya. Hamburan debu tampak di langit Norwegia hingga New York.

Sebuah litografi yang dibuat pada tahun 1888 yang menggambarkan Gunung Krakatau pada kejadian Erupsi 1883.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s